Jumat, 17 Agustus 2007

MEROKOK UNTUK KESELAMATAN

Rokok memang berbahaya buat kesehatan. Tapi ternyata penting juga buat keselamatan. Kok bisa? Bisa saja. Begini ceritanya. Sepuluh tahun yang lalu, saya bekerja sebagai Junior Geologist di daerah Natal, Mandailing, Tapanuli Selatan. Karena lokasi tugas berada di pedalaman, mengharuskan saya keluar masuk hutan. Ketika memulai hari pertama tugas—masuk hutan, saya dianjurkan untuk merokok. Menyadari sebagai seorang pemula, tanpa banyak bertanya, anjuran itupun saya ikuti. Meskipun sebenarnya saya bukanlah perokok.

Nah, suatu hari bersama rombongan, saya berjalan dari base camp menuju lokasi tugas dengan penuh semangat. Saking semangatnya sampai tidak sadar ternyata saya sudah berjalan jauh meninggalkan rombongan. Mendadak di hadapan saya ada segerombolan babi hutan tengah sibuk mencari makan. Jumlahnya sekitar 8-10 ekor. Tanpa perlu memastikan jumlahnya, apakah lebih dari 10 atau kurang dari 8 saya langsung balik badan, mengambil langkah seribu. Sambil terantuk-antuk pada akar-akar pohon hutan, saya terus dibayangi tatapan salah seekor babi hutan yang bertubuh paling besar dan wajahnya paling seram. Mungkin dia adalah sang pemimpin rombongan.

Beruntung ketika tenaga hampir habis karena kelelahan, saya sudah bertemu dengan rombongan yang tadi tertinggal. Selesai saya menuturkan kejadiannya, serempak mereka mentertawakan kesialan saya. Waduh, sudah wajah pucat pasi, kaki lebam-lebam karena tersandung akar, masih ditertawakan pula.
Namun salah seorang awak bor menghibur saya:
“Wah mas ini pasti lupa ngisap rokoknya ya?” sambil menjulurkan kotak rokoknya

“Ini mas jangan malu-malu, kalo rokok sampean habis, minta saja rokok saya”.
Rokok pun saya raih. Saya baru sadar saat berangkat tadi lupa membawa rokok.

Mereka menjelaskan bahwa aroma rokok yang semerbak dapat tercium oleh hewan-hewan hutan dari jarak yang cukup jauh. Hewan-hewan pun akan segera menjauh karena mengetahui akan datangnya bangsa manusia. Sehingga perjumpaan pun dapat terhindarkan. Jadi meskipun berbahaya bagi kesehatan, rokok penting juga untuk keselamatan. Tapi khusus di tengah hutan loh.
(Tulisan ini mendapat bantuan penyuntingan dari kawan saya AGUS IRKHAM - Penulis buku "Prigel Menulis Artikel")



Tidak ada komentar: